PENGARUH LOKASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING WARUNG BAKSO MAS MEMED 354 MEDAN TEMBUNG

Shella Faustina (2024) PENGARUH LOKASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING WARUNG BAKSO MAS MEMED 354 MEDAN TEMBUNG. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010225_FULLTEXT - Es Ef.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari lokasi dan kreativitas terhadap keunggulan bersaing pada Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Warung Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung pada periode penelitian. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, studi pustaka dan studi lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keunggulan Bersaing = 3,269 + 0,448 Lokasi + 0,433 Kreativitas + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel lokasi berpengaruh dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung dimana thitung 3,934 > ttabel 1,984 dan variabel kreativitas berpengaruh dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung dimana thitung 3,840 > ttabel 1,984. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 46,383 > Ftabel 3,09 yang berarti variabel bebas yaitu lokasi dan kreativitas secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu keunggulan bersaing pada Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 48,90% variabel keunggulan bersaing pada Warung Bakso Mas Memed 354 Medan Tembung dipengaruhi oleh variabel lokasi dan kreativitas, sedangkan sisanya sebesar 51,10% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti teknologi informasi, kepercayaan dan diferensiasi produk yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Kreativitas, Lokasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:56
Last Modified: 25 Sep 2024 08:32
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item