PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. ASIA PARAMITA INDAH

Peter Pan (2022) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. ASIA PARAMITA INDAH. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
COVER_PETER_181010211.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK_PETER_181010211.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I_PETER_181010211.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II_PETER_181010211.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB III_PETER_181010211.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_PETER-181010211.pdf

Download (13kB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah, mengetahui pengaruh Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah, mengetahui pengaruh Inovasi Produk dan Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 144 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 106 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Volume Penjualan = 15,830 + 0,381 Inovasi Produk - 0,166 Penetapan Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Produk memiliki nilai thitung (6,721) > t tabel (1,983) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Inovasi Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah. Hasil analisis menunjukkan Penetapan Harga memiliki nilai thitung (3,066) > ttabel (1,983) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Produk dan Penetapan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah berdasarkan nilai Fhitung (44,106) > F tabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Inovasi Produk dan Penetapan Harga secara simultan terhadap Volume Penjualan pada PT. Asia Paramita Indah. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,461 artinya variabel Volume Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Inovasi Produk dan Penetapan Harga sebesar 46,1% sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti promosi penjualan, periklanan, kualitas produk, kepuasan konsumen dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Inovasi Produk, Penetapan Harga, Volume, Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:05
Last Modified: 31 Jul 2024 10:40
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item