PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARTABAK BANGKA TERANG BULAN ARUM MEDAN

Intan Syah Fitri (2023) PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARTABAK BANGKA TERANG BULAN ARUM MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
N191010198_FULLTEXT - Intan Syahfitri.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan, mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan. Dengan menggunakan rumus Hair dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 80 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 4,781 + 0,437 Perilaku Konsumen + 0,414 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen memiliki nilai thitung (3,332) > ttabel (1,991) dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (7,071) > ttabel (1,991) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan berdasarkan nilai Fhitung (34,523) > Ftabel (3,12) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Terang Bulan Arum Medan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2 ) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,473 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan sebesar 47,3% sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti persepsi nilai, kualitas produk, harga, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 24 Jul 2024 12:39
Last Modified: 31 Jul 2024 12:39
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item