DAMPAK GAYA HIDUP DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER (STUDI KASUS MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA)

Rina Ridara Sholeha (2024) DAMPAK GAYA HIDUP DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER (STUDI KASUS MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010141-FULL TEXT(1) - rina ridara.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dampak gaya hidup dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater (Studi Kasus Mahasiswa/i STIE Eka Prasetya). Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah para mahasiswa/i di STIE Eka Prasetya yang menggunakan shopee paylater. Populasi dalam penelitian ini adalah 127 mahasiswa/i di STIE Eka Prasetya. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling dan berjumlah 96 mahasiswa/i STIE Eka Prasetya. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner melalui tautan Google Form yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah dan membuktikan hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi linier berganda keputusan pembelian = 3.628 + 0.420 gaya hidup + 0.358 kemudahan penggunaan + e. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater dimana t hitung (5,861) > t tabel (1,986), variabel kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan shopee paylater dimana thitung (4,836) > t tabel (1,986). Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (47,027) > Ftabel (3,09) yang berarti variabel bebas (gaya hidup dan kemudahan penggunaan) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 50,3 % variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel gaya hidup dan kemudahan penggunaan, sedangkan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti keamanan, promosi, dan literasi keuangan. Kata kunci: gaya hidup, kemudahan pengunaaan, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:25
Last Modified: 25 Sep 2024 08:27
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item