STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN ORIENTASI PASAR PADA UKM KULINER YANG BERLOKASI DI SIANTAR SQUARE KOTA PEMATANG SIANTAR

Hutagaol, Meiliana Geraldin (2024) STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN ORIENTASI PASAR PADA UKM KULINER YANG BERLOKASI DI SIANTAR SQUARE KOTA PEMATANG SIANTAR. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010144-FULLTEXT(1) - Meiliana Geraldin Hutagaol.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner di Siantar Square kota Pematang Siantar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah UKM Kuliner di Siantar Square dan unit observasi adalah Para pelaku usaha UKM Kuliner di Siantar Square. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 pelaku usaha.Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dan berjumlah 40 pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan secara sistematis sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah dan membuktikan hipotesis adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi linier berganda Keunggulan Bersaing = 0,987 + 0,258 Orientasi Kewirausahaan + 0,270 Inovasi Produk + 0,392 Orientasi Pasar + e. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Siantar Square di Kota Pematang Siantar dimana thitung (2,356) > ttabel (2,028), variabel Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Siantar Square di Kota Pematang Siantar dimana thitung (2,040) > ttabel (2,028), dan variabel Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Kuliner Siantar Square di Kota Pematang Siantar dimana thitung (2,318) > ttabel (2,028). Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (6,417) > Ftabel (2,866) yang berarti variabel bebas (Orientasi Kewirausahan, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (Keunggulan Bersaing). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 29,4% variabel Keunggulan Bersaing dipengaruhi oleh variabel Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Orientasi Pasar, sedangkan sisanya sebesar 70,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti Kreativitas, lokasi dan harga. Kata kunci : Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 25 Jul 2024 07:54
Last Modified: 24 Sep 2024 10:28
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item