PENGARUH HARGA DAN INOVASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA ANGLISS BAKEHOUSE CABANG MULTATULI MEDAN

Kelvin (2024) PENGARUH HARGA DAN INOVASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA ANGLISS BAKEHOUSE CABANG MULTATULI MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010178_FULLTEXT(1) - Kelvin.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan inovasi secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh masing – masing variabel X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta sumber data berupa data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang berbelanja pada tahun 2022. Jumlah sampel adalah 100 orang dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir sebesar 10%. Teknik pengambilan sampel dengan non probability sampling menggunakan jenis sampling accidental. Hasil analisis memberikan persamaan kepuasan pelanggan = 3,693 + 0,412 harga + 0,270 inovasi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki nilai thitung (5,197) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara harga terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Angliss Bakehouse Cabang Multatuli Medan. Hasil analisis penelitian menunjukkan inovasi memiliki nilai thitung (2,607) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,011 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara inovasi terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Angliss Bakehouse Cabang Multatuli Medan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa harga dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Angliss Bakehouse Cabang Multatuli Medan berdasarkan nilai Fhitung (99,249) > Ftabel (3,09) dengan signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara harga dan inovasi secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Angliss Bakehouse Cabang Multatuli Medan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,672 artinya variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel harga dan inovasi sebesar 67,2% sedangkan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini. Kata Kunci : Harga, Inovasi, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 25 Jul 2024 10:40
Last Modified: 24 Sep 2024 12:10
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item