PENGARUH KETERAMPILAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CM AUDIO

Charistian Valentiano Tan (2024) PENGARUH KETERAMPILAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CM AUDIO. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010199_FULLTEXT - CHARISTIAN VALENTIANO TAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan sumber daya manusia terhadap keunggulan bersaing pada CM Audio, mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing pada CM Audio, mengetahui pengaruh keterampilan sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing pada CM Audio. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada CM Audio selama periode 2023 sebanyak 4.619 konsumen. Dengan menggunakan rumus slovin dengan persentase kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 98 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan keunggulan bersaing = -2.123 + 0,313 kualitas pelayanan + 0,567 keterampilan sumber daya manusia + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa keterampilan SDM berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di CM Audio berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,465 > ttabel 1,66088. Hasil menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing di CM Audio berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,141 > ttabel 1,66088. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan SDM dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing di CM Audio, berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 45,624 > Ftabel 2,76. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,490 atau 49% yang artinya bahwa keterampilan SDM dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 49% terhadap keunggulan bersaing di CM Audio. Sedangkan sisanya 51% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, citra, lokasi, dan pengetahuan kewirausahaan. Kata Kunci: keterampilan, keunggulan bersaing, kualitas pelayanan, sumber daya manusia

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:32
Last Modified: 23 Sep 2024 10:51
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item