PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA D.A COFFEE AND RESTO

Intan Rizki Agustiana (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA D.A COFFEE AND RESTO. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010099_FULLTEXT(1) - Intan Rizki Agustiana.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh social media markekting dan influencer marketing terhadap brand awareness pada D.A Coffee and Resto. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah D.A Coffee and Resto serta unit observasinya adalah konsumen dari D.A Coffee and Resto. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari D.A Coffee and Resto dimana seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 120 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif serta analisis regresi. Analisis ini mencakup uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Brand Awareness = 1,142 + 0,186 Social Media Marketing + 0,443 Influencer Marketing + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada D.A Coffee and Resto dimana thitung 3,965 > ttabel 1,980 dan variabel Influencer Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Awareness pada The D.A Coffee and Resto dimana thitung 11,436 > ttabel 1,980. Hasil dari uji F menunjukkan Fhitung 153,034 > Ftabel 3,92 yang berarti variabel bebas yaitu Social Media Marketing dan Influencer Marketing secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Brand Awareness pada D.A Coffee and Resto. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan 72,3% variabel Brand Awareness pada D.A Coffee and Resto dipengaruhi oleh Social Media Marketing dan Influencer Marketing, sedangkan sisanya sebesar 27,7% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti cita rasa, variasi produk, lokasi, harga yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci : Brand Awareness, Influencer Marketing dan Social Media Marketing

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:32
Last Modified: 24 Sep 2024 11:01
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item