PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BISNIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA PELAKU UMKM JALAN SELAT PANJANG

Felix (2024) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BISNIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA PELAKU UMKM JALAN SELAT PANJANG. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010014_FULLTEXT(1)- Felix King Kong.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi bisnis terhadap keberhasilan usaha Pada UMKM jalan selat panjang Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskritif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pelaku usaha UMKM Jalan Selat Panjang Medan, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM Jalan Selat Panjang Medan yang berjumlah 35 toko. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel sehingga 35 toko dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data di analisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan keberhasilan usaha = 8.255 + 0.386 pengetahuan kewirausahaan + 0.446 motivasi Bisnis + e. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan Kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan dan positif pada Keberhasilan Usaha UMKM Jalan Selat Panjang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial. Hasil analisis menunjukkan motivasi bisnis memiliki pengaruh signifikan dan positif pada Keberhasilan Usaha UMKM Jalan Selat Panjang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan motivasi bisnis berpengaruh signifikan dan positif pada keberhasilan usaha UMKM jalan selat panjang Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjusted R square dengan hasil variabel keberhasilan usaha dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan kewirausahaan dan motivasi bisnis sebesar 51.2% sedangkan sisanya 48.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti saluran distribusi, kompetensi wirausaha, kreativitas, inovasi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : pengetahuan kewirausahaan, motivasi bisnis dan keberhasilan usaha

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 30 Jul 2024 11:47
Last Modified: 23 Sep 2024 12:10
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item