ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN REPUTASI PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMBAKO (STUDI PADA TOKO ALING)

Johnson Lowie (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN REPUTASI PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMBAKO (STUDI PADA TOKO ALING). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010023-FULLTEXT(1) - Johnson Lowie.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aling, mengetahui pengaruh Reputasi Penjual terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aling, mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen dan Reputasi Penjual terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Aling. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian di Toko Aling yang jumlahnya tidak diketahui. Dengan menggunakan rumus Hair et al dengan jumlah indikator sebanyak 13 indikator, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 130 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 7,064 + 0,223 Perilaku Konsumen + 0,787 Reputasi Penjual + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Aling berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,118 > ttabel 1,65685. Hasil menunjukkan Reputasi Penjual berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Aling berdasarkan uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 7,878 > t tabel 1,65685. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Konsumen dan Reputasi Penjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Toko Aling, berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 99,399 > F tabel 2,34. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,610 atau 61% yang artinya bahwa Perilaku Konsumen dan Reputasi Penjual secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 61% terhadap Keputusan Pembelian di Toko Aling. Sedangkan sisanya 39% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, citra, lokasi, dan pengetahuan kewirausahaan. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Reputasi Penjual

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:21
Last Modified: 24 Sep 2024 11:28
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item