PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT UNIKITZ BERSATU GROUP

Cindy Amelia (2024) PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT UNIKITZ BERSATU GROUP. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
201010035_FULLTEXT(1) - Cindy Amelia.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen pada perusahaan yang akhir-akhir ini memiliki persaingan yang ketat. Variabel independen yang diambil pada penelitian ini adalah Manajemen hubungan pelanggan dan pemasaran digital dengan mengambil tempat penelitian pada PT Unikitz Bersatu Group yang merupakan salah satu perusahaan yang menjual alat tulis kantor dengan fokusnya adalah pada perekat lakban. Kedua variabel ini diambil karena berdasarkan studi kasus ke lokasi penelitian dua variabel tersebut memegang peranan cukup penting, karena variabel Manajemen hubungan pelanggan berkaitan dengan bagaimana perusahaan memperlakukan pelanggan-pelanggan mereka dan variabel pemasaran digital berkaitan dengan bagaimana perusahaan mengelola media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, sehingga kedua variabel ini diduga akan mempengaruhi loyalitas konsumen yang dimana indikatornya adalah Rekomendasi pada orang lain, Melanjutkan penggunaan, Kepuasan, Kemudahan, Kepercayaan, dan Pengalaman dengan perusahaan yang sangat dipengaruhi oleh kedua variabel independen tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 94 responden yang merupakan konsumen dari PT Unikitz Bersatu Group yang terpilih dengan metode Simple Random Sampling dari 1.564 konsumen selama tahun 2022 dengan margin error adalah 10%. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Konsumen = 3,718 + 0,801 Manajemen Hubungan Pelanggan + 0,744 Digital Marketing + e. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan melihat dari uji-t dan uji-F. Dimana hasil uji-t pada variabel Manajemen hubungan pelanggan memberikan thitung (5,182) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Untuk uji-t pada variabel pemasaran digital menghasikan thitung (6,775) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan kedua variabel berpengaruh dan signifikan. Untuk uji-F didapatkan hasil Fhitung (157,185) > Ftabel (3,10) dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Sehingga dapat disimpulkan kedua variabel ini juga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen PT Unikitz Bersatu Group secara simultan. Hasil ini juga didukung dengan Koefisien Determinasi atau nilai R2 (R Square) sebesar 0,776 atau 77,6% yang artinya loyalitas konsumen dapat dijelaskan sebesar 77,6% oleh variabel Manajemen hubungan pelanggan dan pemasaran digital. Sedangkan sisanya 22,4% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak tercakup dalam penelitian ini. Untuk penelitian kedepannya dapat dilakukan dengan menambahkan variabel independen lainnya atau mengganti dengan variabel independen lain yang lebih berpengaruh. Kata Kunci: Manajemen Hubungan Pelanggan, Pemasaran Digital, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:45
Last Modified: 23 Sep 2024 10:55
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item