PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERCETAKAN DOMINIC

Lase, Falentinus Wijahasrat (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERCETAKAN DOMINIC. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010188_FULLTEXT(1)- Falentinus Wijahasrat Lase.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Falentinus Wijahasrat Lase, 191010188, 2023. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Percetakan Dominic. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Desma Erica Maryati M, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Bapak Dedy Lazuardi, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Personal Selling dan Sales Promotion terhadap Loyalitas Pelanggan pada Percetakan Dominic. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Percetakan Dominic. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Percetakan Dominic selama tahun 2022 sebanyak 481 orang. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 218 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Loyalitas Pelanggan = 5,363 + 0,342 Personal Selling + 0,418 Sales Promotion + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Personal Selling berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Percetakan Dominic dimana thitung 6,812 > ttabel 1,971 dan variabel Sales Promotion berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Percetakan Dominic dimana thitung 6,688 > t tabel 1,971. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 75,276 > Ftabel 3,04 yang berarti variabel bebas yaitu Personal Selling dan Sales Promotion secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan pada Percetakan Dominic. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 41,20% variabel Loyalitas Pelanggan pada Percetakan Dominic dipengaruhi oleh variabel Personal Selling dan Sales Promotion, sedangkan sisanya sebesar 58,80% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Advertising, Public Relation, dan Direct Marketing yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Personal Selling, Sales Promotion, dan Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 07 Aug 2024 12:25
Last Modified: 07 Aug 2024 12:25
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item