PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE AYAM WL

Wilson (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE AYAM WL. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010138_FULLTEXT(1) - Wilson Lie.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Wilson, 191010138, 2023, Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar,S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk MIE AYAM WL, mengetahui pengaruh Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk MIE AYAM WL, mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada UKM Mie Ayam Wl selama periode tahun 2023. Dengan menggunakan rumus hair dengan jumlah variabel sebanyak 17 maka digunakan rumus maksimum sebesar 10 kali dari jumlah variabel maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 170 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 21.617 + 0,3 Kualitas Produk + 0,368 Inovasi Produk + e Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki nilai thitung (4.188) > ttabel (1.974) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk Terhadap keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa Inovasi produk memiliki thitung (4.232) > ttabel (1.974) dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disumpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL berdasarkan nilai Fhitung (21.553) > Ftabel (3.05) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Inovasi Produk secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Produk MIE AYAM WL. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0.205 artinya variabel Keputusan Pembelian yang dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk dan Inovasi Produk sebesar 20,5 % sedangkan sisanya 79,5 % dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti, penetapan harga, lokasi dan berbaagai variabel lainnya. Kata Kunci : Kualitas Produk, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:05
Last Modified: 13 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item