PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DESAIN PRODUK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA MEDANESE SABLON

Iga Arwana (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DESAIN PRODUK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA MEDANESE SABLON. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010135_FULLTEXT(1) - Iga Arwana.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Iga Arwana, 191010135, 2023. Pengaruh Media Sosial dan Desain Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Medanese Sablon. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ibu Desma Erica Maryati M, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Media Sosial dan Desain Produk terhadap Volume Penjualan pada Medanese Sablon. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Medanese Sablon. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Medanese Sablon selama tahun 2022 sebanyak 726 orang. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 258 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Volume Penjualan = 4,701 + 0,363 Media Sosial + 0,344 Desain Produk + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Media Sosial berpengaruh dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada Medanese Sablon dimana thitung 9,306 > ttabel 1,969 dan variabel Desain Produk berpengaruh dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada Medanese Sablon dimana thitung 6,977 > ttabel 1,969. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 115,390 > Ftabel 3,03 yang berarti variabel bebas yaitu Media Sosial dan Desain Produk secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Volume Penjualan pada Medanese Sablon. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 47,50% variabel Volume Penjualan pada Medanese Sablon dipengaruhi oleh variabel Media Sosial dan Desain Produk, sedangkan sisanya sebesar 52,50% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Pelayanan Prima, Kualitas Pelayanan dan Harga yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Desain Produk, dan Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:23
Last Modified: 13 Aug 2024 08:23
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item