PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PILINDO MEGAH SELATAN

Jesslyn Winata (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN JASA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PILINDO MEGAH SELATAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010117_FULLTEXT(1) - Jesslyn Winata.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Jesslyn Winata, 191010117, 2023. Pengaruh Strategi Pemasaran Jasa dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pilindo Megah Selatan. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ibu Desma Erica Maryati M, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Process dan Physical Evidence terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pilindo Megah Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT. Pilindo Megah Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian jasa pada PT. Pilindo Megah Selatan selama tahun 2022. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 148 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Pelanggan = 2,582 + 0,575 Process + 0,479 Physical Evidence + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Process berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pilindo Megah Selatan dimana thitung 7,807 > ttabel 1,976 dan variabel Physical Evidence berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Pilindo Megah Selatan dimana thitung 7,296 > ttabel 1,976. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 100,833 > Ftabel 3,06 yang berarti variabel bebas yaitu Process dan Physical Evidence secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan pada PT. Pilindo Megah Selatan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 60% variabel Kepuasan Pelanggan pada PT. Pilindo Megah Selatan dipengaruhi oleh variabel Process dan Physical Evidence, sedangkan sisanya sebesar 40% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Pelayanan Prima, Kualitas Produk dan Harga yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Process, Physical Evidence, dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Aug 2024 10:25
Last Modified: 13 Aug 2024 10:25
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item