PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PADA CV. INDO PRIMA MEDAN

Olivia (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PADA CV. INDO PRIMA MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010085_FULLTEXT(1)- Olivia.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Olivia, 191010085, 2023, Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Pada CV. Indo Prima Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Pada CV. Indo Prima Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa perusahaan selama periode 2022 sebanyak 78 konsumen. Dikarenakan jumlah populasi yang digunakan adalah sebanyak 78 konsumen maka Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh dimana seluruh konsumen akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Kepuasan Konsumen = 14,587 - 0,105 Harga + 0,315 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (-2,237) < ttabel (1,992) dengan tingkat signifikan 0,028 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Indo Prima. Nilai thitung (6,037) > ttabel (1,992) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Indo Prima. Nilai Fhitung (22,524) > Ftabel (3,12) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Indo Prima. Nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,375 artinya variabel Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh variabel Harga dan Kualitas Pelayanan sebesar 37,5% sedangkan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti potongan harga, periklanan, motivasi, persepsi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 14 Aug 2024 12:40
Last Modified: 14 Aug 2024 12:40
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item