ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. GREAT DESIGN

Clarissa Goeinardi (2023) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. GREAT DESIGN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010076_FULLTEXT(1) - Clarissa Goeinardi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Clarissa Goeinardi, 191010076, 2023. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Great Design. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ibu Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Great Design. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah CV. Great Design. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada CV. Great Design selama tahun 2022 sebanyak 335 orang. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 182 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Keputusan Pembelian = -0,236 + 0,370 Kualitas Produk + 0,567 Nilai Pelanggan + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Great Design dimana thitung 7,677 > ttabel 1,973 dan variabel Nilai Pelanggan berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Great Design dimana thitung 9,547 > ttabel 1,973. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 139,535 > Ftabel 3,05 yang berarti variabel bebas yaitu Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian pada CV. Great Design. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 60,90% variabel Keputusan Pembelian pada CV. Great Design dipengaruhi oleh variabel Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 39,10% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Pelayanan Prima, Kualitas Pelayanan dan Harga yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Produk, Nilai Pelanggan, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:20
Last Modified: 16 Aug 2024 07:20
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item