PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. DWI KARYA SWADAYA YOS SUDARSO MEDAN

Lyly Marchely (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. DWI KARYA SWADAYA YOS SUDARSO MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010064_FULLTEXT(1) - Lyly Marchely.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Lyly Marchely, 191010064, 2023. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Dwi Karya Swadaya Yos Sudarso Medan. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Bapak Dedy Lazuardi, S.E, M.M., Pembimbing II: Bapak Bambang Sutejo, S.E, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Dwi Karya Swadaya Yos Sudarso Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT. Dwi Karya Swadaya Yos Sudarso Medan serta unit observasinya adalah konsumen pada PT. Dwi Karya Swadaya Yos Sudarso Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada PT. Dwi Karya Swadaya sebanyak 6.456 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus slovin dan berjumlah sebanyak 99 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Pelanggan = 2,173 + 0,332 Harga + 0,448 Kualitas Pelayanan + e. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana thitung 4,438 > ttabel 1,985, variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana thitung 4,534 > ttabel 1,985. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 117,285 > 3,09 yang berarti variabel bebas (Harga, dan Kualitas Pelayanan) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (Kepuasan Pelanggan). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 71% variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh variabel Harga dan Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 29% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti lokasi, kualitas kinerja dan fasilitas. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 16 Aug 2024 10:22
Last Modified: 16 Aug 2024 10:22
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item