PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA RUANG KOPI KOJU CABANG CEMARA ASRI MEDAN)

Novita (2023) PENGARUH KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI KASUS PADA RUANG KOPI KOJU CABANG CEMARA ASRI MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010039_FULLTEXT(1) - Novita Liang.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Novita, 191010039, Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Studi Kasus Pada Ruang Kopi Koju Cabang Cemara Asri Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II : Muammar Rinaldi, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Studi Kasus pada Ruang Kopi Koju Cabang Cemara Asri Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Ruang Kopi Koju serta unit observasinya adalah Konsumen Ruang Kopi Koju. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Ruang Kopi Koju selama tahun 2022 yaitu sebanyak 8.640 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keberhasilan Usaha = 7,070 + 0,220 Kreativitas + 0,590 Inovasi Produk + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha Studi Kasus pada Ruang Kopi Koju Cabang Cemara Asri Medan dimana thitung 3,056 >ttabel 1,984 dan variabel Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilamn Usaha Studi Kasus pada Ruang Kopi Koju Cabang Cemara Asri Medan dimana thitung 4,334 > ttabel 1,984. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel yaitu 105.062 > 3,09 yang berarti variabel bebas (Kreativitas dan Inovasi Produk) secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat (Keberhasilan Usaha). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 68,6% variabel Keberhasilan Usaha dipengaruhi oleh variabel Kreativitas dan Inovasi Produk, sedangkan sisanya sebesar 31,4% dijelaskan oleh pengaruh faktor-faktor lain atau variabel di luar model seperti Harga, Kualitas dan lainnya yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kreativitas, Inovasi Produk, Keberhasilan Usaha.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 19 Aug 2024 10:36
Last Modified: 19 Aug 2024 10:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item