PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE OPPO DI META CELL MEDAN

Hong Pausly Wiran Milyan (2023) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE OPPO DI META CELL MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010025_FULLTEXT(1) - Hong Pausly Wiran Milyan.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Hong Pausly Wiran Milyan, 191010025, 2023, Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Handphone Oppo Di Meta Cell Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Desma Erica Maryati M., S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Handphone Oppo Di Meta Cell Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Meta Cell selama periode 2022 yang jumlah konsumennya tidak diketahui secara pasti. Dikarenakan populasi dari yang tidak diketahui dan bias jumlah konsumen yang melakukan pembelian, maka menurut Hair, dkk (2017) merekemondasikan dimana jumlah dari sampel minimal adalah 5 kali dan maksimal adalah 10 kali jumlah indikator. Dalam penelitian terdapat 14 indikator, maka jumlah indikator yang digunakan adalah: Sampel minimum = jumlah indikator x 5 = 14 x 5 = 70 responden, Sampel maksimum = jumlah indikator x 10 = 16 x 10 = 140 responden. Pada penelitian ini peneliti menentukan jumlah sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 70 responden dari konsumen Meta Cell, sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan accidental sampling dimana konsumen yang ditemui terlebih dahulu secara kebetulan akan dijadikan sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 9,777 + 0,566 Citra Merek + 0,614 Persepsi Kualitas + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (2,749) > ttabel (1,996) dengan tingkat signifikan 0,008 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Meta Cell Medan. Nilai thitung (5,980) > ttabel (1,996) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian pada Meta Cell Medan. Nilai Fhitung (41,973) > Ftabel (3,13) dengan tingkat signifikansi 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Citra Merek dan Persepsi Kualitas secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Meta Cell Medan. Nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,556 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Citra Merek dan Persepsi Kualitas sebesar 55,6% sedangkan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Citra Merek, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:36
Last Modified: 20 Aug 2024 06:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item View Item