PENGARUH PRODUK, PRICE, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT BERJAYA INDOPRIMA

Ferry Wijaya (2023) PENGARUH PRODUK, PRICE, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT BERJAYA INDOPRIMA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
191010008_FULLTEXT(1) - Ferry Wijaya.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Ferry Wijaya, 191010008. 2023, Pengaruh Produk, Price, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT Berjaya Indoprima Jalan Pelita III Blok B14 Kim Star Tanjung Morawa, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dra. Pesta Gultom, M.M, Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Berjaya Indoprima, menguji dan menganalisis pengaruh Price terhadap Keputusan Pembelian pada PT Berjaya Indoprima, menguji dan menganalisis pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Berjaya Indoprima dan menguji dan menganalisis pengaruh Produk, Price, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Berjaya Indoprima. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder, unit analisis dalam penelitian ini adalah PT Berjaya Indoprima serta unit observasinya adalah pelanggan PT Berjaya Indoprima. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah pelanggan di PT Berjaya Indoprima dari bulan Oktober hingga Desember 2022 sebanyak 1.480 orang dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 94 orang yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian = 0,669 + 0,420 Produk + 0,585 Price + -0,078 Promosi + e. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung (3,779) > ttabel (1,987) dan nilai signfiikan sebesar 0,000< 0,05, maka H1 diterima yaitu: Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di PT Berjaya Indoprima. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung (5,053) > ttabel (1,987) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, maka H2 diterima yaitu: Price secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di PT Berjaya Indoprima. Hasil pengujian hipotesis secara parsial diperoleh nilai thitung (-0,668) < ttabel (1,987) dan nilai signifikan sebesar 0,506 > 0,05, maka H3 ditolak yaitu: Promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di PT Berjaya Indoprima. Hasil pengujian hipotesis secara simultan bahwa diperoleh nilai Fhitung (27,716) > Ftabel (2,71) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka H4 diterima yaitu Produk, Price, dan Promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di PT Berjaya Indoprima. Kata Kunci : Produk, Price, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 20 Aug 2024 10:39
Last Modified: 20 Aug 2024 10:39
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item