PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI USAHA TEKNIK

Filbert Filmore (2023) PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI USAHA TEKNIK. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
181010071_FULLTEXT(1)- Filbert Filmore.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Filbert Filmore, 181010071, 2023, Pengaruh Harga, Keragaman Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Bambang Sutejo, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Keragaman Produk, dan Kualitas Pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif serta sumber data berupa data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian dengan jumlah yang tidak diketahui. Jumlah sampel adalah 160 konsumen dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir sebesar 5%. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling menggunakan jenis sampling insidental. Data dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda yang menghasilkan persamaan Keputusan Pembelian = 13,444 - 0,116 Harga + 0,309 Keragaman Produk + 0,525 Kualitas Pelayanan + e. Hasil penelitian menunjukkan Harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik, dengan nilai thitung > ttabel, yaitu -1,993 > 1,9753 serta dengan tingkat signifikan 0,048 < 0,05. Keragaman Produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik, dengan thitung > ttabel, yaitu 9,266 > 1,9753 serta dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik, dengan thitung > ttabel, yaitu 9,797 > 1,9753, serta dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan diketahui bahwa hasil uji – F menunjukkan variabel Harga, Keragaman Produk, dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik, dengan Fhitung > Ftabel yaitu 58,391 > 2,66 serta dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya adjusted R Square adalah 0,520 atau 52% yang artinya Harga, Keragaman Produk, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Usaha Teknik sebesar 52% dan sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kualitas produk, suasana toko, lokasi, perilaku konsumen, dan kepuasan konsumen. Kata Kunci: Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:35
Last Modified: 21 Aug 2024 06:35
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item