PENGARUH LOKASI USAHA DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SUKU CADANG DI TOKO SELAMAT JAYA MEDAN

Kelvin Wijaya (2022) PENGARUH LOKASI USAHA DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SUKU CADANG DI TOKO SELAMAT JAYA MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_KELVIN(1)_181010147.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Kelvin Wijaya, 181010147, 2022, Pengaruh Lokasi Usaha dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Selamat Jaya, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Dr. Hengky Kosasih, BA (Hons), M.M., MBA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi Usaha terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya, mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya, mengetahui pengaruh Lokasi Usaha dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko sampai periode 2016 sampai dengan 2020 yang jumlahnya tidak pasti. Dengan menggunakan rumus Hairs maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 31,362 + 0,441 Lokasi Usaha - 0,141 Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Lokasi Usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 6,518 > ttabel 1,976. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,333 > ttabel 1,976. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi Usaha dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Selamat Jaya berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 33,216 > Ftabel 3,06. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,302 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Lokasi Usaha dan Harga sebesar 30,2% sedangkan sisanya 69,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti layanan, kualitas produk, promosi, potongan harga dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Lokasi Usaha, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 24 Aug 2024 05:34
Last Modified: 24 Aug 2024 05:34
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item