PENGARUH KOMUNIKASI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOKO SAHABAT JAYA MOTOR MEDAN

Kalvin Wiliyanto (2022) PENGARUH KOMUNIKASI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOKO SAHABAT JAYA MOTOR MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_KALVIN(1)181010178.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Kalvin Wiliyanto, 181010178, 2022, Pengaruh Komunikasi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Jasa Pada Toko Sahabat Jaya Motor, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor, mengetahui pengaruh Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor, mengetahui pengaruh Komunikasi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Kualitas Produk Toko Sahabat Jaya Motor, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan 2021 sebanyak 8.326 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Loyalitas Konsumen = 11,118 + 0,301 Komunikasi - 0,114 Harga + 0,353 Kualitas Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi memiliki nilai thitung (5,059) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Komunikasi terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki nilai thitung (2,244) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,027 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Produk memiliki nilai thitung (3,884) > ttabel (1,661) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi, Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor berdasarkan nilai Fhitung (15,419) > Ftabel (2,14) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Komunikasi, Harga dan Kualitas Produk secara simultan terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Sahabat Jaya Motor. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,304. Hal ini berarti besarnya pengaruh Komunikasi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen adalah sebesar 30,4% sedangkan sisanya 69,6% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti persepsi, desain, kepercayaan, pemasaran relasional dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Komunikasi, Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:29
Last Modified: 26 Aug 2024 06:29
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item