PENGARUH CITA RASA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS UKM KULINER NASI AYAM KOK LONG)

Kahar Tandias (2022) PENGARUH CITA RASA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS UKM KULINER NASI AYAM KOK LONG). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_KALVIN(1)181010178.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Kahar Tandias, 181010049, 2022, Pengaruh Cita Rasa dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus UKM Kuliner Nasi Ayam Kok Long), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long, mengetahui pengaruh Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long, mengetahui pengaruh Cita Rasa dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 9.209 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 18,541 + 0,171 Cita Rasa + 0,311 Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Cita Rasa memiliki nilai thitung (2,910) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,004 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long. Hasil analisis menunjukkan Pelayanan memiliki nilai thitung (4,838) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cita Rasa dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long berdasarkan nilai Fhitung (22,053) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Cita Rasa dan Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Nasi Ayam Kok Long. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,315 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Cita Rasa dan Pelayanan sebesar 31,5% sedangkan sisanya 68,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti promosi, penetapan harga, lokasi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Cita Rasa, Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:46
Last Modified: 26 Aug 2024 06:46
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item