ANALISIS PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL, HARGA DAN CITA RASA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI BAKPAO 9999

Julia (2022) ANALISIS PENGARUH IKLAN DI MEDIA SOSIAL, HARGA DAN CITA RASA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI BAKPAO 9999. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
JULIA_181010203(1)MJM.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Julia, 181010203, 2022. Analisis Pengaruh Iklan di Media Sosial, Harga dan Cita Rasa Terhadap Volume Penjualan di Bakpao 9999. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Ibu Ihdina Gustina S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Iklan, Harga dan Cita Rasa terhadap Volume Penjualan pada Bakpao 9999. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Bakpao 9999 serta unit observasinya adalah konsumen dari Bakpao 9999. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Bakpao 9999 adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko yang jumlahnya tidak pasti atau tidak dapat diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Hair dan berjumlah 150 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Volume Penjualan = 0,255 + 0,152 Iklan + 0,364 Harga + 0,255 Cita Rasa + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan pada Bakpao 9999 dimana thitung 3,071 > ttabel 1,976, variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan pada Bakpao 9999 dimana thitung 6,623 > ttabel 1,976 dan variabel Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan pada Bakpao 9999 dimana thitung 5,137 > ttabel 1,976. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 85,001 > Ftabel 2,67 yang berarti variabel bebas yaitu Iklan, Harga dan Cita Rasa secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Penjualan pada Bakpao 9999. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 62,80% variabel Penjualan pada Bakpao 9999 dipengaruhi oleh variabel Iklan, Harga dan Cita Rasa, sedangkan sisanya sebesar 37,20% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Promosi, Kualitas Produk dan Merek yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Harga, Cita Rasa, dan Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:38
Last Modified: 26 Aug 2024 07:38
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item