PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MATA UANG ASING PADA PT ANUGRAH DANAMAS REMIT MEDAN

Grace Marcela (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MATA UANG ASING PADA PT ANUGRAH DANAMAS REMIT MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)Grace Marcela_181010207.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Grace Marcela, 2022, Pengaruh Social Media Instagram dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Mata Uang Asing Pada PT Anugrah Danamas Remit Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing 1: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing 2: Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Social Media Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit, mengetahui pengaruh Kemudahan Bertransaksi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit, mengetahui pengaruh Social Media Instagram dan Kemudahan Bertransaksi terhadap Keputusan Pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian inia dalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit selama periode 2021 sebanyak 1.971 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 95 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 1,243 + 0,349 Social Media Instagram + 0,532 Kemudahan Bertransaksi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Social Media Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,913 > ttabel 1,980. Hasil analisis menunjukkan Kemudahan Bertransaksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Anugrah Danamas Remit berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,750 > ttabel 1,980. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Instagram dan Kemudahan Bertransaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian mata uang asing pada PT Anugrah Danamas Remit berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 23,070 > Ftabel 3,10. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,334 atau 33,4% yang artinya bahwa Social Media Instagram dan Kemudahan Bertransaksi secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 33,4% terhadap Keputusan Pembelian mata uang asing pada PT Anugrah Danamas Remit. Sedangkan sisanya 66,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, iklan, lokasi dan variabel lainnya. Kata kunci : Social Media Instagram, Kemudahan Bertransaksi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 10:46
Last Modified: 27 Aug 2024 10:46
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item