ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. SINAR WALET

Ferien (2022) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. SINAR WALET. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FERIEN_181010132_MJM.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Ferien, 181010132, 2022. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV. Sinar Walet. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Bapak Dr. Hengky Kosasih, BA (Hons), M.M., MBA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Sinar Walet. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah CV. Sinar Walet serta unit observasinya adalah konsumen dari CV. Sinar Walet. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari CV. Sinar Walet sebanyak 835 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan berjumlah 89 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kepuasan Konsumen = 4,112 + 0,513 Kualitas Pelayanan + 0,408 Kualitas Produk + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Sinar Walet dimana thitung 6,595 > ttabel 1,987 dan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada CV. Sinar Walet dimana thitung 4,845 > ttabel 1,987. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 62,775 > Ftabel 3,10 yang berarti variabel bebas yaitu Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kepuasan Konsumen pada CV. Sinar Walet. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 59,30% variabel Kepuasan Konsumen pada CV. Sinar Walet dipengaruhi oleh variabel Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk, sedangkan sisanya sebesar 40,70% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Harga, Produk dan Promosi yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 27 Aug 2024 12:30
Last Modified: 27 Aug 2024 12:30
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item