PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE EKA PRASETYA)

Fellyn (2022) PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE EKA PRASETYA). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULLTEXT_FELLYN(1)181010110.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Fellyn, 181010110, 2022, Pengaruh Atribut Produk dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eka Prasetya), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ihdina Gustina, S.E., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Iphone, mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Iphone, mengetahui pengaruh Atribut Produk dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada produk Iphone. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa STIE Eka Prasetya angkatan 2018 sampai dengan 2021 sebanyak 1.173 mahasiswa. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 1,955 + 0,604 Atribut Produk + 0,451 Perilaku Konsumen + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk memiliki pengaruh nilai thitung (5,439) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Iphone. Hasil analisis menunjukkan Perilaku Konsumen memiliki nilai thitung (3,082) > ttabel (1,986) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Iphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atribut Produk dan Perilaku Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Iphone berdasarkan hnilai Fhitung (41,436) > Ftabel (3,10) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Atribut Produk dan Perilaku Konsumen secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Iphone. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,471 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Atribut Produk dan Perilaku Konsumen sebesar 47,1% sedangkan sisanya 52,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti harga, desain, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Atribut Produk, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:54
Last Modified: 28 Aug 2024 06:54
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item