PENGARUH PROMOSI DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PELANGGAN TOKO ONLINE FEBRIANAXIE DI MEDAN

Febriana (2022) PENGARUH PROMOSI DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA PELANGGAN TOKO ONLINE FEBRIANAXIE DI MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_FEBRIANA(1)181010142.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Febriana, 181010142, 2022, Pengaruh Promosi dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Pelanggan Toko Online Febrianaxie di Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hasyim S.Ag., S.E., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie, mengetahui pengaruh Influencer terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie, mengetahui pengaruh Promosi dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Febrianaxie selama periode 2020 sebanyak 1.203 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 konsumen. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 15,722 + 0,314 Promosi + 0,473 Influencer + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Promosi memiliki nilai thitung (3,626) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hα diterima karena thitung > ttabel sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie. Hasil analisis menunjukkan Influencer memiliki nilai thitung (5,364) > ttabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hα diterima karena thitung > ttabel sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Influencer terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi dan Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie berdasarkan nilai Fhitung (20,576) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Promosi dan Influencer secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Febrianaxie. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,316 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Promosi dan Influencer sebesar 31,6% sedangkan sisanya 68,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, layanan, kepuasan konsumen dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Promosi, Influencer, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:26
Last Modified: 28 Aug 2024 07:26
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item