PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN PADANG RITA BARU DI KELURAHAN SEI SIKAMBING C-II MEDAN)

Dwina Ade Lidya (2022) PENGARUH PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN PADANG RITA BARU DI KELURAHAN SEI SIKAMBING C-II MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
DWINA ADE LIDYA(1)18101018_MJM.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Dwina Ade Lidya, 181010186, 2022. Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Padang Rita Baru di Kelurahan Sei Sikambing C-II Medan). STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Bapak Dedy Lazuardi, S.E., M.M., Pembimbing II: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Rumah Makan Padang Rita Baru serta unit observasinya adalah konsumen dari Rumah Makan Padang Rita Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Rumah Makan Padang Rita Baru sebanyak 54,750 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dan berjumlah 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Kinerja UMKM = 0,196 + 0,269 Produk + 0,250 Harga + 0,300 Lokasi + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru dimana thitung 4,255 > ttabel 1,984, variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru dimana thitung 3,064 > ttabel 1,984 dan variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru dimana thitung 5,091 > ttabel 1,984. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 63,294 > Ftabel 2,70 yang berarti variabel bebas yaitu Produk, Harga, dan Lokasi secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 65,40% variabel Kinerja UMKM pada Rumah Makan Padang Rita Baru dipengaruhi oleh variabel Produk, Harga, dan Lokasi, sedangkan sisanya sebesar 34,60% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Pelayanan Prima, Kualitas Produk dan Kepercayaan yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Produk, Harga, Lokasi, Kinerja UMKM

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 29 Aug 2024 10:09
Last Modified: 29 Aug 2024 10:09
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item