PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK PT. ALFO CITRA ABADI

Dennis London (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK PT. ALFO CITRA ABADI. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI_DENNIS(1)181010079.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Dennis London, 181010079, 2022, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Alfo Citra Abadi, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hengky Kosasih, BA (Hons), M.M., MBA., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi, mengetahui pengaruh Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi, mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2019 sebanyak 4.752 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 98 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Volume Penjualan = 0,012 + 0,442 Kualitas Produk + 0,189 Harga + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki penganilai thitung (7,105) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi. Hasil analisis menunjukkan Harga memiliki nilai thitung (2,219) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi berdasarkan nilai Fhitung (25,875) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Harga secara simultan terhadap Volume Penjualan pada PT. Alfo Citra Abadi. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,353 artinya variabel Volume Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk dan Harga sebesar 35,3% sedangkan sisanya 64,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas layanan, motivasi konsumen, perilaku konsumen, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:24
Last Modified: 30 Aug 2024 08:24
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item