PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA JASA GASTROGRAPH

David Chandra Salim (2022) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA JASA GASTROGRAPH. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)DAVID_181010182.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

David Chandra Salim, 1581010182, 2022, Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Gastrograph, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hengky Kosasih, BA (Hons), M.M., MBA., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph, mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 239 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 13,655 + 0,392 Word of Mouth + 0,359 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth memiliki nilai thitung (4,262) > ttabel (1,976) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (5,255) > ttabel (1,976) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph berdasarkan nilai Fhitung (62,205) > Ftabel (3,06) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Gastrograph. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,458 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan sebesar 45,8% sedangkan sisanya 54,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kepuasan, loyalitas, promosi, harga dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 31 Aug 2024 04:02
Last Modified: 31 Aug 2024 04:02
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item