PENGARUH INOVASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (STUDI KASUS MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN)

Cindy (2022) PENGARUH INOVASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (STUDI KASUS MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)CINDY_181010121.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Cindy, 181010121, 2022. Pengaruh Inovasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Kasus Mahasiswa/I STIE Eka Prasetya Medan. STIE EKA PRASETYA Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II : Ibu Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian iPhone pada mahasiswa/I STIE Eka Prasetya Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I dari STIE Eka Prasetya yang menggunakan iPhone sebanyak 124 responden. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 12,077 + 0,349 Inovasi + 0,680 Citra Merek + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian iPhone berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,693 > ttabel 1,98609. Hasil analisis menunjukkan bahwa Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian iPhone berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 8,413 > ttabel 1,98609. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian iPhone berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 126,488 > Ftabel 3,10. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,735 atau 73,50% yang artinya bahwa Inovasi dan Citra Merek secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 73,50% terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Sedangkan sisanya 26,50% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar metode penelitian ini seperti harga, promosi, kepuasan konsumen, dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Inovasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:39
Last Modified: 05 Sep 2024 07:39
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item