PENGARUH PERIKLANAN, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA SHOWROOM PANCAR MOBIL MEDAN

Christin (2022) PENGARUH PERIKLANAN, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA SHOWROOM PANCAR MOBIL MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)CHRISTIN_181010174.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Christin, 181010174, 2022, Pengaruh Periklanan, Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas Pada Showroom Pancar Mobil Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I : Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II : Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Periklanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas pada Showroom Pancar Mobil Medan, mengetahui pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas pada Showroom Pancar Mobil Medan, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas pada Showroom Pancar Mobil Medan, mengetahui pengaruh Periklanan, Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas pada Showroom Pancar Mobil Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Kualitas Produk Pancar Mobil Medan, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 202 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 134 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 12,868 + 0,235 Periklanan + 0,290 Word of Mouth + 0,295 Kualitas Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Periklanan memiliki nilai thitung (4,735) > ttabel (1,978) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Periklanan terhadap Keputusan Pembelian pada Pancar Mobil. Hasil analisis menunjukkan Word of Mouth memiliki nilai thitung (3,726) > ttabel (1,978) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Pancar Mobil. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Produk memiliki nilai thitung (4,805) > ttabel (1,978) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Pancar Mobil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Periklanan, Word of Mouth dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Pancar Mobil Medan berdasarkan nilai Fhitung (34,063) > Ftabel (2,67) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Periklanan, Word of Mouth dan Kualitas Produk secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Pancar Mobil. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R2) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,427. Hal ini berarti besarnya pengaruh Periklanan, Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 42,7% sedangkan sisanya 57,3% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti citra merek, kualitas layanan, persepsi, motivais konsumen dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Periklanan, Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:50
Last Modified: 05 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item