PENGARUH BAURAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN CV. COCARI CABANG MEDAN (DISTRIBUTOR SANDAL)

Cha Cha (2022) PENGARUH BAURAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN CV. COCARI CABANG MEDAN (DISTRIBUTOR SANDAL). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)CHA CHA_181010052.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Cha Cha, 181010052, 2022, Pengaruh Bauran Produk dan Promosi Terhadap Penjualan Pada CV. Cocari cabang Medan (Distributor Sandal), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hasyim S.Ag., S.E., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Produk terhadap Penjualan pada CV. Cocari cabang Medan, mengetahui pengaruh Promosi terhadap Penjualan pada CV. Cocari cabang Medan, mengetahui pengaruh Bauran Produk dan Promosi terhadap Penjualan pada CV. Cocari cabang Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 366 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 191 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Penjualan = 5,866 + 0,257 Bauran Produk + 0,224 Promosi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Bauran Produk memiliki nilai thitung (6,438) > ttabel (1,974) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hα Diterima karena nilai thitung (6,438) > ttabel (1,974) dimana terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Bauran Produk terhadap Penjualan pada CV. Cocari. Hasil analisis menunjukkan Promosi memiliki nilai thitung (5,805) > ttabel (1,974) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hα Diterima karena nilai thitung (5,805) > ttabel (1,974) dimana terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Promosi terhadap Penjualan pada CV. Cocari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Produk dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penjualan pada CV. Cocari cabang Medan berdasarkan nilai Fhitung (45,062) > Ftabel (3,04) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Produk dan Promosi secara simultan terhadap Penjualan pada CV. Cocari. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,317 artinya variabel Penjualan dapat dijelaskan oleh variabel Bauran Produk dan Promosi sebesar 31,7% sedangkan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti lokasi, harga, kualitas layanan, persepsi konsumen, citra merek dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Bauran Produk, Promosi, Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 05 Sep 2024 09:11
Last Modified: 05 Sep 2024 09:11
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item