PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BAKAR DI PT. SINGA MAS MAKIN SUKSES (STUDI KASUS PADA SPBU SINGAPORE STATION KATAMSO MEDAN)

Calvin Leander (2022) PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN BAKAR DI PT. SINGA MAS MAKIN SUKSES (STUDI KASUS PADA SPBU SINGAPORE STATION KATAMSO MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)CALVIN_181010074.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Calvin Leander, 181010074, 2022, Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Singa Mas Makin Sukses, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dedy Lazuardi, S.E., M.M. Pembimbing II: Ihdina Gustina, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses, mengetahui pengaruh Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses, mengetahui pengaruh Lokasi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pembeli yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 94.533 pembeli.. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 17,717 + 0,348 Lokasi + 0,194 Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Lokasi memiliki thitung (3,912) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses. Hasil analisis menunjukkan Pelayanan memiliki nilai thitung (2,301) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,024 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokasi dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses berdasarkan nilai Fhitung (22,751) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Lokasi dan Pelayanan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Singa Mas Makin Sukses. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,305 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Lokasi dan Pelayanan sebesar 30,5% sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, periklanan, potongan harga, kepuasan dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:55
Last Modified: 06 Sep 2024 08:55
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item