PENGARUH HARGA KOMPETITIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SEMBAKO METAL

Bella Tandyo (2022) PENGARUH HARGA KOMPETITIF DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SEMBAKO METAL. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)BELLA_181010196.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Bella Tandyo, 181010196, 2022, Pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Sembako Metal, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hasyim S.Ag., S.E., M.M., Pembimbing II: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Kompetitif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal, mengetahui pengaruh Harga Kompetitif dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2020 sebanyak 169 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 119 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Kepuasan Pelanggan = 3,501 + 0,326 Harga Kompetitif + 0,683 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga Kompetitif memiliki nilai thitung (3,963) > ttabel (1,980) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Harga Kompetitif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (8,404) > ttabel (1,980) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga Kompetitif dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal berdasarkan nilai Fhitung (59,476) > Ftabel (3,07) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga Kompetitif dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako Metal. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,498 artinya variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Harga Kompetitif dan Kualitas Pelayanan sebesar 49,8% sedangkan sisanya 50,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kepuasan, loyalitas, kualitas produk, promosi dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Harga Kompetitif, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:52
Last Modified: 06 Sep 2024 10:52
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item