PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI TOKO SINAR BUANA

Albert Cuang (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT DI TOKO SINAR BUANA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)ALBERT CUANG_181010047.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Albert Cuang, 181010047, 2022, Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pada Toko Sinar Buana, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Irvan Rolyesh Situmorang, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana, mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko selama periode 2020 sebanyak 17.346 konsumen. Jumlah tersebut diperoleh dari transaksi selama 2020. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Minat Beli = 19,699 - 0,292 Harga + 0,670 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki nilai thitung (3,832) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki nilai thitung (9,331) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana berdasarkan hnilai Fhitung (50,321) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Minat Beli pada Toko Sinar Buana. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,499 artinya variabel Minat Beli dapat dijelaskan oleh variabel Harga dan Kualitas Pelayanan sebesar 49,9% sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kepercayaan, promosi, kualitas produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Minat Beli

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 09 Sep 2024 12:33
Last Modified: 09 Sep 2024 12:33
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item