PENGARUH KOMUNIKASI BISNIS DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. LEVINDO SUKSES MANDIRI

A.W Priya (2021) PENGARUH KOMUNIKASI BISNIS DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. LEVINDO SUKSES MANDIRI. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
SKRIPSI(1)AW PRIYA_171010069.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

A.W Priya, 171010069, 2021, Pengaruh Komunikasi Bisnis dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Levindo Sukses Mandiri, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Hengku Kosasih, BA (Hons), M.M., MBA., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Bisnis terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri, mengetahui pengaruh Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri, mengetahui pengaruh Komunikasi Bisnis dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2019 sebanyak 42 pelanggan. Dikarenakan seluruh jumlah populasi yang hanya berjumlah 42 pelanggan akan digunakan sebagai sampel, maka teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah sampling jenuh. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Kepuasan Pelanggan = 0,904 + 0,658 Komunikasi Bisnis + 0,284 Kualitas Informasi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,045 > ttabel 2,022. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,929 > ttabel 2,022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Bisnis dan Kualitas Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Levindo Sukses Mandiri berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 22,859 > Ftabel 3,24. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,516 artinya variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Komunikasi Bisnis dan Kualitas Informasi sebesar 51,6% sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas pelayanan, penjualan personal, promosi penjualan, desain dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Komunikasi Bisnis, Kualitas Informasi, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 11 Sep 2024 10:35
Last Modified: 11 Sep 2024 10:35
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item