PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. PRATAMABINA MEDITAMA

Aldi Gunawan (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. PRATAMABINA MEDITAMA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)ALDI GUNAWAN_171010085.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Aldi Gunawan, 171010085, 2021, Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Di PT. Pratamabina Meditama, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Edwin Sugesti Nasution, S.E., M.M., Pembimbing II: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama, mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa perusahaan selama periode 2020 sebanyak 7.101 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Volume Penjualan = 8,870 + 0,311 Lingkungan Kerja + 0,198 Kualitas Pelayanan + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,923 > ttabel 1,660. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,665 > ttabel 1,660. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 36,163 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,430 atau 43% yang artinya bahwa Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 43% terhadap Volume Penjualan pada PT. Pratamabina Meditama. Sedangkan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, kinerja karyawan, desain, kepuasan, loyalitas dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kualitas Pelayanan, Volume Penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:55
Last Modified: 12 Sep 2024 08:55
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item