PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ACI KAMPUNG LALANG

Anggelia (2021) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ACI KAMPUNG LALANG. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT (1)SKRIPSI_ANGGELIA_171010017.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Anggelia, 171010017, 2021, Pengaruh Promosi Penjualan dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko ACI Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dra. Pesta Gultom, M.M., Pembimbing II: Muammar Rinaldi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan, mengetahui pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan, mengetahui pengaruh Promosi Penjualan dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada toko ACI Kampung Lalang selama periode 2020 sebanyak 677 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 87 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 7,340 + 0,308 Promosi Penjualan + 0,389 Perilaku Konsumen + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 3,978 > ttabel 1,988. Hasil analisis menunjukkan Perilaku Konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,122 > ttabel 1,988. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Penjualan dan Perilaku Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 28,391 > Ftabel 3,11. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,403 atau 40,3% yang artinya bahwa Promosi Penjualan dan Perilaku Konsumen secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 40,3% terhadap Keputusan Pembelian pada Toko ACI Medan. Sedangkan sisanya 59,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen dan variabel lainnya. Kata Kunci: Promosi Penjualan, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 12 Sep 2024 10:36
Last Modified: 12 Sep 2024 10:36
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item