PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PEMBELIAN BAN BRIDGESTONE DI PT. BENUA NUSA INDONESIA MEDAN

Anton (2021) PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PEMBELIAN BAN BRIDGESTONE DI PT. BENUA NUSA INDONESIA MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)ANTON_171010080.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Anton, 171010080, 2021, Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Tingkat Penjualan Pada Pembelian Ban Bridgestone di PT. Benua Nusa Indonesia Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Edwin Sugesti Nasution, S.E., M.M., Pembimbing II: Elisabeth Nainggolan, S.Pd., M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan, mengetahui pengaruh Citra Merek terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan, mengetahui pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen toko yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2020 sebanyak 517 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 226 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Tingkat Penjualan = 16,096 - 0,213 Harga + 0,342 Citra Merek + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu -thitung -5,694 < -ttabel -1,970. Hasil analisis menunjukkan Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 8,251 > ttabel 1,970. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 64,815 > Ftabel 3,04. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,368 atau 36,8% yang artinya bahwa Harga dan Citra Merek secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 36,8% terhadap Tingkat Penjualan pada PT. Benua Nusa Indonesia Medan. Sedangkan sisanya 63,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti persepsi nilai, kualitas produk, promosi, lokasi, kepuasan, layanan dan berbagai variabel lainnya yang ada. Kata Kunci: Harga, Citra Merek, Tingkat Penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 12 Sep 2024 10:47
Last Modified: 12 Sep 2024 10:47
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item