PENGARUH PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA PRIMA ELEKTRONIK

Ceelye Clarrissa Tjuanda (2021) PENGARUH PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA PRIMA ELEKTRONIK. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)CATRIN_171010032.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Ceelye Clarrissa Tjuanda, 171010013, 2021. Pengaruh Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Prima Elektronik. STIE Eka Prasetya Medan, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ibu Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Ibu Dra. Pesta Gultom, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada Prima Elektronik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, unit analisis dalam penelitian ini adalah Prima Elektronik serta unit observasinya adalah pelanggan dari Prima Elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari Prima Elektronik sebanyak 1,498 responden. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 94 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan analisis deskriptif, analisis regresi. Analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi Loyalitas Konsumen = 0,919 + 0,342 Pelayanan + 0,563 Kepercayaan Konsumen + e. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variabel Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Prima Elektronik dimana thitung 5,003 > ttabel 1,986 dan variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen pada Prima Elektronik dimana thitung 7,545 > ttabel 1,986. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa Fhitung 95,566 > Ftabel 3,10 yang berarti variabel bebas yaitu Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen secara serempak berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Konsumen pada Prima Elektronik. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 67,70% variabel Loyalitas Konsumen pada Prima Elektronik dipengaruhi oleh variabel Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen, sedangkan sisanya sebesar 32,30% dijelaskan oleh pengaruh faktor lain atau variabel di luar model seperti Public Relation, Iklan, dan Penjualan Personal yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pelayanan, Kepercayaan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:53
Last Modified: 13 Sep 2024 07:53
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item