PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BLIBLI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN)

Chintiya Lenwisky (2021) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BLIBLI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I STIE EKA PRASETYA MEDAN). Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
FULL TEXT SKRISPI(1)CHINTYA LENWISKY_171010015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Chintya Lenwisky, 171010015, 2021, Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Pemasaran Relasional Terhadap Keputusan Pembelian Pada Blibli (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I STIE Eka Prasetya Medan), STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Ihdina Gustina, S.E., M.M., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli, mengetahui pengaruh Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli, mengetahui pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Pemasaran Relasional terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa STIE Eka Prasetya sebanyak 1.122 mahasiswa angkatan 2017 sampai dengan 2020. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 5,145 + 0,695 Komunikasi Pemasaran + 0,734 Pemasaran Relasional + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 6,003 > ttabel 1,662. Hasil analisis menunjukkan Pemasaran Relasional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 4,294 > ttabel 1,662. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran dan Pemasaran Relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 29,659 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,400 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Komunikasi Pemasaran dan Pemasaran Relasional sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, kualitas pelayanan, varian produk, harga dan variabel lainnya. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Relasional, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:51
Last Modified: 13 Sep 2024 08:51
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item