PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN KOMUNIKASI BISNIS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GROHE PADA CV. GUNUNG JERNIH MEDAN

Edy Tansanto (2021) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN KOMUNIKASI BISNIS TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GROHE PADA CV. GUNUNG JERNIH MEDAN. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)EDY TANSANTO_171010016.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Edy Tansanto, 171010016, 2021, Pengaruh Pengetahuan Produk dan Komunikasi Bisnis Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Produk Grohe Pada CV. Gunung Jernih Medan, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan, mengetahui pengaruh Komunikasi Bisnis terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan, mengetahui pengaruh Pengetahuan Produk dan Komunikasi Bisnis terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2019 sebanyak 1.104 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Kepercayaan Konsumen = 8,633 + 0,294 Pengetahuan Produk + 0,261 Komunikasi Bisnis + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,889 > ttabel 1,662. Hasil analisis menunjukkan Komunikasi Bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 5,305 > ttabel 1,662. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Produk dan Komunikasi Bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 35,776 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,446 atau 44,6% yang artinya bahwa Pengetahuan Produk dan Komunikasi Bisnis secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 44,6% terhadap Kepercayaan Konsumen pada CV. Gunung Jernih Medan. Sedangkan sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti persepsi nilai, kualitas pelayanan, harga, kualitas produk dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci: Pengetahuan Produk, Komunikasi Bisnis, Kepercayaan Konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 17 Sep 2024 10:50
Last Modified: 17 Sep 2024 10:50
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item