PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN PIPA PRALON CV. SUMBER REZEKI SUKSES GEMILANG

Erick Winata (2021) PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN PIPA PRALON CV. SUMBER REZEKI SUKSES GEMILANG. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)ERIK WINATA_171010033.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Erick Winata, 171010033, 2021, Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pembelian Pipa Pralon CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Edwin Sugesti Nasution, S.E., M.M. Pembimbing II: Ihdina Gustina, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang, mengetahui pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang, mengetahui pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh toko Medan yang melakukan pembelian selama periode 2020 sebanyak 1.109 toko, baik yang melakukan pemesanan dari telepon ataupun yang melakukan pembelian langsung kepada perusahaan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 25,772 - 0,194 Harga + 0,432 Promosi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu -thitung -3,579 < -ttabel -1,662. Hasil analisis menunjukkan Promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 6,714 > ttabel 1,662. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 35,847 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,446 atau 44,6% yang artinya bahwa Harga dan Promosi secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 42,5% terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Sumber Rezeki Sukses Gemilang. Sedangkan sisanya 55,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti produk, lokasi, pelayanan, kepuasan, dan variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:33
Last Modified: 18 Sep 2024 06:33
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item