PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRIMEBATIQ

Fanny Christianty (2021) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRIMEBATIQ. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI(1)FANNY CHRISTIANTY_171010077.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Fanny Christianty, 171010077, 2021, Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Primebatiq, STIE Eka Prasetya, Program Studi Manajemen, Pembimbing I: Dr. Sri Rezeki, S.E., M.Si., Pembimbing II: Muhammad Ali Akbar, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq, mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pengguna Primabatiq yang melakukan pembelian selama periode 2020 sebanyak 1.374 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 93 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 43,846 - 0,453 Harga + 0,257 Kualitas Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung -4,873 < - ttabel -1,661. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial yaitu thitung 2,258 > ttabel 1,661. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Primebatiq berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan yaitu sebesar Fhitung 26,832 > Ftabel 2,36. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R square (R2) = 0,374 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Harga dan Kualitas Produk sebesar 37,4% sedangkan sisanya 62,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti pelayanan, iklan, potongan harga, kepuasan, loyalitas, perilaku, persepsi konsumen dan variabel lainnya. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:07
Last Modified: 18 Sep 2024 08:07
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item