PENGARUH INOVASI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM SINAR WAHANA MEDAN)

William Husin (2022) PENGARUH INOVASI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UMKM (STUDI KASUS PADA UMKM SINAR WAHANA MEDAN). Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
COVER_WILLIAM_181010164.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_WILLIAM_181010164.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_WILLIAM_181010164.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRAK_WILLIAM_181010164.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I_WILLIAM_181010164.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB II_WILLIAM_181010164.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB III_WILLIAM_181010164.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAN_WILLIAM_181010164.pdf

Download (225kB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana, mengetahui pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana, mengetahui pengaruh Inovasi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2021 sebanyak 15.382 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 19,151 + 0,237 Inovasi + 0,344 Atribut Produk + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Inovasi memiliki nilai thitung (2,576) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,012 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama diterima karena terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Inovasi terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana. Hasil analisis menunjukkan Atribut Produk memiliki nilai thitung (3,666) > ttabel (1,984) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua diterima karena terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi dan Atribut Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana berdasarkan nilai Fhitung (22,066) > Ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan antara Inovasi dan Atribut Produk secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Sinar Wahana. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,301 artinya variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Inovasi dan Atribut Produk sebesar 30,1% sedangkan sisanya 69,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diketahui. Kata Kunci: Inovasi, Atribut Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 02 Jul 2024 08:41
Last Modified: 31 Jul 2024 10:08
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item