PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. MAJU BERNIAGA BERSAMA

Wilson Kirana (2022) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. MAJU BERNIAGA BERSAMA. Bachelor thesis, STIE Eka Prasetya.

[img] Text
COVER_WILSON_181010200.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_WILSON_181010200.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_WILSON_181010200.pdf

Download (252kB)
[img] Text
ABSTRAK_WILSON_181010200.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I_WILSON_181010200.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II_WILSON_181010200.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB III_WILSON_181010200.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_WILSON_181010200.pdf

Download (126kB)
Official URL: http://repository.eka-prasetya.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama, mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama, mengetahui pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama, mengetahui pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada toko yang melakukan pembelian pada Promosi PT. Maju Berniaga Bersama, data sekunder diperoleh dari data dan literatur yang berkenaan dengan permasalahan yang dibahas. Populasi penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian pada perusahaan selama periode 2016 sampai dengan 2020 sebanyak 1.175 pelanggan. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 92 responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan persamaan Keputusan Pembelian = 12,737 + 0,320 Saluran Distribusi + 0,211 Kualitas Produk + 0,181 Promosi + e. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Saluran Distribusi memiliki nilai thitung (5,044) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama. Hasil analisis menunjukkan Kualitas Produk memiliki nilai thitung (3,210) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama. Hasil analisis menunjukkan Promosi memiliki nilai thitung (2,334) > ttabel (1,987) dengan tingkat signifikan 0,022 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran Distribusi, Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama berdasarkan nilai Fhitung (23,762) > Ftabel (2,71) dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Saluran Distribusi, Kualitas Produk dan Promosi secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Maju Berniaga Bersama. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai Adjust R Square (Adjusted R 2 ) atau koefisien determinasi yang telah terkorelasi dengan jumlah variabel dan ukuran sampel sehingga dapat mengurangi unsur bias jika terjadi penambahan variabel maupun penambahan ukuran sampel yang diperoleh adalah sebesar 0,429. Hal ini berarti besarnya pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 42,9% sedangkan sisanya 57,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berasal dari luar model penelitian ini seperti pelayanan, kepuasan, loyalitas, perilaku konsumen, penetapan harga, dan berbagai variabel lainnya. Kata Kunci : Saluran Distribusi, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Alan Harahap
Date Deposited: 22 Jun 2024 03:53
Last Modified: 31 Jul 2024 10:15
URI: http://repository.eka-prasetya.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item